Selasa, 13 Desember 2011

Empat Puluh Hari (Part 5)


Keesokan harinya…
Dita mengajak Evan, Fandi, dan Ega main-main bareng. Tapi sebelum itu, mereka menyempatkan ke peristirahatan Rangga yang terakhir.
            “Gue, elo, Fandi, Ega sahabat selamanya, Ngga.” ujar Evan sambil memegang batu nisan Alm. Rangga.
            “Gue janji, Evan adalah orang terakhir yang gue sayang, Ngga” ujar Dita tersenyum
Wajah Evan nampak bingung dengan apa yang dikatakan Dita barusan.
            “Kita semua bakal ngenang elo, Ngga.” Fandi menambahkan
            “Suatu saat nanti, kita bakalan dipertemukan lagi kok.” Ega mengucap lirih
Mereka mendoakan Rangga sebelum mereka meninggalkan makam itu.
Satu jam, dua jam, tiga jam, mereka belum puas dengan waktu yang sesingkat itu. Tapi sayang, senja pun telah tiba, walaupun mereka enggan mengakhiri hari ini cukup sampai di sini.

Yaak hari ke-37.
Dita ingat! Hari ini dia harus ngrencanain misi-nya buat besok pada Fandi dan Ega. Dengan menyempatkan diri, Dita pergi ke rumah Fandi. Setelah beberapa menit perjalanan, Dita pun tiba di umah Fandi dan gak sengaja Fandi di depan rumahnya.
               “Hai, Fan.”
              “Hai, Dit. ada apa lo kemari?”
              “Fan, gue punya misi sama elo buat ulang tahunnya Evan besok.”
            “Misinya apaan emang?”
            “Gini nii : yang pertaman, gue minta tolong sama elo, elo tau kan kalo gue punya penyakit jantung. Dan mungkin akhir-akhir ini gue juga jarang megang handphone. Gue mohon ke elo, besok lusa handphone gue kasih ke elo, ntar pas di ulang tahunnya Evan, elo yang sms.in ke Evan. Harus tepat jam 12 malam, harus bisa jadi ‘first people’ yah Fan. Yang kedua, pas di ulang tahunnya Evan, elo sama Ega mbawain kotak ke rumahnya Evan, tapi di depan rumahnya aja. Ntar kotak-nya bareng sama handphone gue. Gimana?
            “Hmm,, okelah, Dit.”
            “Yang ketiga, kalo suatu saat nanti gue udah dipanggil Yang Kuasa, elo jangan langsung bilang ke Evannya, nungguin beberapa hari-lah.”
            “Hussh.. gak boleh bilang gitu Dit.”
            “Hmm.. maaf. Yaudah yaa Fan gue harus pulang.”
            “Oh oke, Dit. Hati-hati yaa.
Yaaak. Hari ke-38. “Yaa Allah, bismilillahirahmanirahim, semoga hari ini lebih baik daripada sebelumnya.
            “Beres beres barang guee.. Kardus..kardus, gue nyariin elu!” teriak Dita
            “Ada apa si kak, teriak-teriak melulu!” geram Rafi
            “Gue mau nyari kardus besar ada kagak?!” ujar Dita sambil ngotot
            “Cari aja di gudang, buuuaaanyyaakk”
            “udah tau!”
             “ngapain nanya?!”
             “cuma mau ngetest elu!”
Dita langsung menuju gudang yang berada di lantai 2.
             “kardus mana kardus!”
             “buat apa nak nyariin kardus?”
             “buat beres-beres maah..” senyum Dita genit
             “mau kemana?”
             “ke surga maah.. amin”
             “hush.. omonganmu itu lho.”  
             “nah ini dia! Aku minta kardusnya mah.. aku turun dulu..”
Dita kembali ke kamarnya untuk membereskan barang-barang yang akan ditinggalkannya. Setelah beberapa jam kemudian…
            “ini kardus pakaian, yang ini kardus barang-barang lain, ini kardus buku-buku, dan ini kardus buat Evan nanti. Yaaak.. akhirnya beres juga ini kamar.” ujar Dita tanpa beban
Dita nampak kelelahan dan ia memutuskan untuk duduk-duduk di sofa mungil yang berada di dekat jendela kamarnya. “Sebentar lagi gue bakal kehilangan orang-orang yang gue sayangi, termasuk Evan. Gue bakalan ninggalin kenangan yang indah banget sama mereka.” batin Dita.
            Tiba-tiba, Dita mengambil sebuah kotak kardus yang nantinya akan diberikan untuk Evan. Di dalamnya terdapat sebuah baju pemberian Evan, jaket couple, album foto dan origami yang dibuatnya, boneka doraemon di ulang tahun Dita  dan satu lagi sebuah gitar yang berarti banget buat Dita. “gue bakalan nunjukin ke Evan kalo gue bisa main gitar, walaupun gue diajarin sama adik gue yang ‘sok’ banget”. Yaak gitar itu, daridulu Dita memang mendambakannya.

Tak lama kemudian, matanya tertuju pada sebuah album foto yang dibuatnya. Dibuka kembali memori yang dulu tersimpan.
            “ini waktu gue main-main sama dia di taman sambil makan es krim bareng.. ini  waktu gue dipaksain foto bareng pas lagi bakar-bakar bbq sama temen-temen kelas gue, ini waktuu…” air mata Dita tiba-tiba menetes saat melihat foto itu.. “haha, sudahlah, gak lucu Vaaaannn” Dita mencoba melampiaskan kesedihannya dengan sedikit tertawa.
            “udah ah, nanti gue malah nangis lagi!”
Dita langsung membungkus kembali kotak itu dan dihiasainya oleh berbagai pita.

            Jarum jam menunujukkan pukul setenga 3 sore. Tiba-tiba hp Dita bordering, Dita langsung mencarinya, dan yaaak ‘Evan-calling’. Dita langsung menekan tombol ‘yes’.
            “Hai Dit, sore ini ada kegiatan?”
            “Enggak kok Van. Kenapa?”
            “Bisa keluar bareng nggak?”
            “Hmm. Gimana yaa..”
            “Bisa ya Ditaa, aku mohon.”
            “Iya deh, makasih yaah.”
            “Iyaa..”
            “Aku jemput kamu habis ini”
            “Iyaa boss..” Dita langsung mematikan pembicaraannya.
“mungkin ini 
hari terakhir (?)” piker Dita saat akan memasuki kamar mandi. “tapi apapun itu, semoga hari ini hari yang paling spesial”. 

            ‘Evan-calling’ hp Dita berdering kembali.
            “Apaan si, udah di depan?”
            “Biasa aja dong, iyaah~”
            “Tunggu bentar yaaak.”
            “Gak pake lama”
Belum sempat Dita menjawab, teleponnya udah di tutup.
            “Dasar ini anak nyebelin banget sumpah” geram Dita sambil bersiap-siap


            “Mau keluar ke mana si Van?”
            “Aku mau ngajak kamu ke….”
            “Jangan yang aneh-aneh dong.”
            “Iyaa gitu deh..”
Tiba-tiba motor Evan terhenti dekat taman yang juga salah satu tempat spesial mereka.
            “Dita, masih inget waktu kita makan es krim bareng di sini?” ujar Evan
            “iyaa, terus kenapa?”
            “aku kangen masa-masa itu”
            “aku juga Van”
Dalam kesempatan itu, ternyata terjadi kembali saat-saat mereka mengawali cerita cinta mereka.. Namun, setelah mereka makan es krim bareng, main-main bareng, hunting foto.. Tiba-tiba tangan Evan melingkar di pundak Dita.
            “Dit, aku sayang banget sama kamu. Aku mohon kamu jangan pergi ninggalin aku”
            “Aku sayang banget sama kamu, Van. Tapi… itu semua gak mungkin”
            “Gak mungkin gimana Dit?”  
            “Kalo waktunya udah tepat, aku pergi ninggalin kamu Van. Dan di kepergianku, semoga ada yang menggantikan aku  yang lebih baik daripada aku”
            “Dit, tapi aku janji gak ada yang bisa nggantiin kamu”
            “Evan, seharusnya aku yang janji itu, aku bakal bisa sayang sama kamu selamanya. Kamu gak bisa janji kayak gitu Van, aku gak mau.”
            “Tapi kenapa Dit?”
            “Aku gak mau kamu bohongin aku lagi dan di saat kamu butuh aku buat memaafkanmu, aku udah pergi jauh.”
            “Tapi Dit..”
            “Gak ada tapi-tapi an Van. Aku yakin suatu saat nanti kamu bakalan nemuin seseorang yang lebih pantas buat kamu. Dan jangan pernah lupain sahabat-sahabatmu, Van.”
            “Iyaa, aku dengerin semua kata mu Dit. Aku percaya kamu. Makasih Ditaa.”
            “Sama-sama Van. Kamu gak akan pernah tergantikan, Van.” Dita mencoba menahan air matanya yang sebentar lagi akan membasahi pipinya.
            “Aku sayang banget sama kamu Dit.” dipeluknya Dita
            “Aku juga sayang banget sama kamu, Van.” Air mata Dita sudah tak tertahankan lagi, mata Evan pun berkaca-kaca.
            “Ya tuhan, kenangan terindah ini akan menjadi penutup yang istimewa untukku. Asalkan Evan tau, kenangan bersamanya jauh lebih indah daripada masa lalu ku. Benar yang dikatakan Rangga saat itu, ‘gak ada cowok lain yang kayak Evan’, aku sangat bersyukur sempat memiliki Evan” ucap Dita dalam batinnya.

            “Haaa.. udah ah, jangan nangis Van.” ujar Dita sambil mencoba tertawa
            “Iyaa..iyaa udah..udaaahh.”
            “Senyum, jangan cemberut!”
            “Iyaa senyum deh buat kamu, Dit.”
            “aaah udah menjelang malam kayak gini, pulang?”
            “nonton bioskop ajaa. Mau gak Dit?”
            “iyaa Van, mau kok.”
Akhirnya mereka memutuskan untuk nonton bioskop. Yaaak, hampir 2 jam mereka menghabiskan waktunya di bioskop.
            “Dit, makan dulu yuukk”
            “Males makan, gak laper”
            “Tapikan kamu harus makan Ditaa.”
            “Tapikan aku nya gak mau Van”
            “Pokokya makan! Nanti kamu sakit Dit!”
            “Yaudah deh, iyaa.”
Dengan terpaksa Dita menuruti permintaan Evan.
            “Di makan tu!” ujar Evan
            “Gilaaa! Nyuruhnya kejem banget. Gak mau makan ah!”
            “Eh iya. Maaf Dita sayang.”
            “Huuuh.”
            “Jangan marah dong. Sini aku suapin aja, daripada kamu nya gak makan.”
            “Iya deh iyaa.”
----------------------------------
            “Eh udah deh Van, ini udah malem.”
            “Mau pulang?”
            “Iyalah, mau kemana lagi?” Dita menjulurkan lidah
            “Beli manisan itu dulu yuk”
            “Iyaa deehh”
            “Beli satu buat berdua yaa, kan romantis”
            “ngeeekk.. terserah deh”
------------------------------------
               Dan setelah jarum jam menunjukkan pukul 9 malam,
            “Evaaannn, pulang!!” Dita menarik tangan Evan
            “Iya, Ditaa.”
------------------------------------
                  Sesampainya di depan rumah Ditaa..
            “Makasih yah Dita sayang, buat hari ini.” tangan Evan menggenggam tangan Dita
            “Iyaa sayang, sama-sama. Udah yaa, aku masuk rumah dulu.”
            “Iyaa sayang.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar